Sejumlah Elemen serta Contoh Motivation Letter untuk Beasiswa yang Tak Boleh Dilupakan

Sejumlah Elemen serta Contoh Motivation Letter untuk Beasiswa yang Tak Boleh Dilupakan

Dalam pengajuan beasiswa, motivation letter menjadi salah satu berkas penting yang harus kalian perhatikan. Pasalnya, dokumen ini selalu digunakan sebagai pertimbangan reviewers untuk menerima atau menolak lamaran kalian. Supaya motivasi letter untuk beasiswa yang kalian tulis berbobot dan dapat membantu penerimaan beasiswa, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal seperti di contoh berikut ini:

  • Heading

Calon pelamar yang mengajukan permohonan dapat mencapai ribuan orang akan membuat peluang kalian mendapatkan beasiswa semakin menipis. Namun, jangan berkecil hati. Ada satu elemen dalam surat motivasi yang dapat kalian manfaatkan untuk memancing atensi reviewers, yakni headline. Buatlah headline yang sekiranya tidak umum, tetapi masih berkaitan dengan beasiswa yang kalian incar.

  • Kalimat pembuka

Bangun kesan pertama yang semakin impresif pada kalimat pembuka. Majalah-majalah ilmiah adalah salah satu rujukan yang dapat kalian pakai. Menciptakan kesan pertama yang mengagumkan di bagian awal tak semudah yang dipikirkan, tetapi hal tersebut penting mengingat reviewers biasanya akan serta-merta meninggalkan surat yang sudah membosankan sejak awal.

  • Struktur

Hal penting berikutnya yang tak boleh kalian lewatkan dalam motivation letter adalah struktur. Contoh motivation letter untuk beasiswa yang baik mempunyai alur seperti halnya cerita yang harus kalian patuhi urutannya. Dengan begitu, kalian bukan hanya lebih mudah menulis surat, tetapi juga membuat para reviewer lebih paham dan cepat mencerna isi maupun pesan yang ingin kalian sampaikan.

  • Diksi

Pemilihan kata dan diksi sangat mempengaruhi penilaian reviewers terhadap surat yang kalian tulis. Jika kemampuan berbahasa Inggris kalian terbatas, hindari penggunaan kata-kata dan struktur kalimat berat. Pilihlah diksi yang populer dan mudah dipahami—baik untuk kalian atau reviewers. Langkah dan contoh ini juga bisa mencegah kalian dari kesalahan tata bahasa dalam membuat motivation letter untuk beasiswa.

  • Kesimpulan

Sebagian pelamar terlalu sibuk di bagian isi sampai-sampai lupa memperhatikan kesimpulan yang ada di bagian penutup. Di sini, kalian harus meyakinkan reviewer bahwa kalian adalah kandidat yang tepat dan ideal untuk memperoleh beasiswa. Jangan lupa sertakan ucapan terima kasih untuk menunjukkan sopan santun dalam motivation letter.

Semoga tip ini bermanfaat!

Leave Comments