Cara Tembus Beasiswa ke Belanda

Cara Tembus Beasiswa ke Belanda

Banyaknya peminat dan pendaftar beasiswa membuat Anda harus bersaing ketat mendapatkan beasiswa. Salah satunya adalah Belanda yang menjadi tujuan favorit berbagai mahasiswa. Ada berbagai cara untuk meraih beasiswa di Belanda, salah satunya Anda harus mempersiapkan diri matang- matang.

Mendaftar beasiswa sebenaenya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kini, segala sesuatu sudah terkoneksi secara otomatis dengan teknologi,  begitu pula pendaftaran beasiswa yang bisa Anda lakukan secara online. Anda bisa langsung mendaftar pada link universitas tujuan atau membuka laman website dari beasiswa yang dituju. Untuk Anda yang mencari beasiswa ke jerman, sering- seringlah mencari informasi dari Nuffic Neso Indonesia dan juga dari study in Holland Ambassador.

Untuk lulus beasiswa, tidak hanya beasiswa ke belanda saja, tapi ini juga berlaku untuk Anda yang juga mendaftar beasiswa lainnya, harus memahami target group. Hal ini berkaitan dengan timeline beasiswa tersebut misalnya saja syarat apa saja yang diminta dan kapan deadline berkas yang harus dikumpulkan. Anda harus mencatat dan mengingat kapan apa saja persyaratannya dan sesegera mungkin melengkapinya. Kebanyakan mahasiswa gagal dalam meraih beasiswa karena tidak lulus di bagian administrasi yang bisa jadi ada berkas yang terlupakan akibat terburu- buru dalam mempersiapkannya. Walaupun belanda memiliki bahasa yang berbeda dari bahasa inggris, Anda tetap harus berjaga- jaga dalam mempersiapkan nilai TOEFL, biasanya untuk program master dan lainnya diminta nilai TOEFL sebesar 550 ke atas. Mencapai nilai ini tidaklah mudah, sangat perlu bagi Anda untuk terus mempersiapkannya sebelum deadline.

Tidak kalah pentingnya, buatlah motivation letter yang bagus, motivation yang bagus akan memberikan nilai tersendiri untuk penyeleksi beasiswa. Motivation letter mengandung gambaran diri Anda yang berupa riwayat hidup baik segi pendidikan maupun sosial serta apa rencana yang akan Anda lakukan setelah mendapat beasiswa. Berusahalah meyakinkan penyeleksi beasiswa bahwa Anda layak mendapat beasiswa. Jangan ragu- ragu dalam menuliskan diri Anda dan buatlah motivation letter yang tersusun rapi dan sistematik.

Leave Comments