Mengenal Dapur Selain di Rumah: Horeca

Mengenal Dapur Selain di Rumah: Horeca

Berbeda dengan dapur rumahan, dapur yang ada digunakan secara publik seperti restoran, kantin, yang ada di hotel, rumah sakit, tempat kerja, tempat pendidikan, markas tentara, atau institusi lainnya, diharuskan mengikuti undang-undang kesehatan publik. Di negara-negara maju, keamanan dan kebersihannya dicek oleh petugas resmi dan akan ditutup paksa jika tidak mengikuti perundangan yang berlaku.

Dapur-dapur Horeca (hotel, restaurant, catering: hotel, restoran, dan katering) biasanya adalah tempat pertama yang menggunakan alat-alat berteknologi baru. Tidak heran peralatan dapur Horeca memiliki perbedaan dengan alat-alat masak dapur rumahan. Tidak hanya dari segi ukuran, tapi juga dari segi teknologinya.

Kebanyakan dapur Horeca akan menggunakan tembok dan lantai berkeramik licin dan menggunakan stainless steel untuk permukaan-permukaan lain seperti kursi kerja, pintu, atau muka laci karena material-material ini tahan lama dan mudah dibersihkan. Dapur profesional biasanya memiliki oven gas yang memungkinkan koki untuk mengatur suhu lebih cepat dan lebih tepat dibandingkan dengan oven biasa di rumah. Beberapa peralatan khusus yang dikenal sebagai peralatan dapur Horeca antara lain: deep fryer (penggorengan), steamers (stim), atau bain-marie (water bath atau double broiler).

Kemunculan restoran-restoran fast food mengubah cara kerja dapur restoran. Restoran-restoran ini biasanya hanya perlu menyelesaikan proses masak bahan-bahan makanan yang dikirim ke tiap cabang. Jadi, ada satu pabrik yang menyuplai restoran-restoran fast food dengan bahan makanan yang sudah diproses terlebih dahulu dan restoran fast food tersebut tinggal menyelesaikan sedikit tahapan masak saja hingga makanan tersebut siap saji. Jika restoran tersebut menyediakan hamburger, mungkin mereka akan memanggang daging tersebut sendiri di restoran. Tapi konsep fast food ini kemudian mendapat tantangan lagi, setidaknya untuk beberapa negara, dengan kehadiran toko swalayan dengan makanan siap sajinya, yakni yang berkonsep convenience store. Makanan yang disediakan sudah siap saji, tinggal dipanaskan saja.

Dapur-dapur sementara di area-area outdoor (luar ruang), biasanya jarang dikategorikan sebagai dapur. Meski, jika ada satu area outdoor yang memang dikhususkan sebagai tempat memasak, seperti di bumi perkemahan misalnya, boleh saja area tersebut disebut sebagai dapur outdoor. Biasanya, dapur outdoor seperti itu akan berada di dekat sumur, pompa air, atau sumber air lain. Mungkin juga ada meja-meja untuk makan, berikut dengan kompor portablenya. Kemah-kemah militer atau kaum nomaden juga bisa saja memiliki satu kemah tersendiri yang berfungsi sebagai dapur. Kemah tersebut biasanya dilengkapi dengan ventilasi udara supaya asap masakan bisa keluar.

Demikian beberapa hal yang bisa jadi perkenalan awal mengenai macam-macam dapur Horeca, klasifikasi, dan perkembangannya. Pada intinya, bentuk dapur Horeca dan peralatan-peralatan masak akan dipilih akan berbeda-beda, sesuai dengan peruntukan dapur tersebut dan masakan yang akan disediakan. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis kuliner Anda sendiri, maka Anda perlu mulai mempertimbangkan untuk mencari supplier Horeca yang memiliki reputasi bagus agar peralatan yang Anda miliki bagus dan berkualitas.

Leave Comments