Program Peningkatan Produktivitas Kerja untuk Pembangunan Nasional

Program Peningkatan Produktivitas Kerja untuk Pembangunan Nasional

Produktivitas kerja menjadi salah satu indikator penting pembangunan nasional, sebagaimana ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Produktivitas Bisnis dalam Program Nawacita

Tingkat produktivitas kerja masuk dalam program Nawacita yang telah ditetapkan sebagai kebijakan semenjak Pemerintahan Jokowi. Pertimbangannya ialah sebagai indikator untuk memantau efisiensi proses produksi guna menghasilkan output bisnis. Pemerataan program pembangunan pun dapat terealisasikan dari peningkatan produktivitas kerja di berbagai bidang.

Keseimbangan Input dan Output

Tercapainya produktivitas kerja itu dapat dilihat melalui perbandingan antara input dan output dari masing-masing produsen barang/jasa. Yang disebut sebagai faktor input tak lain adalah bahan baku, tenaga kerja, mesin, metode, dan modal.

Saat ini, Direktorat Bina Produktivitas menjalin kerjasama dengan Badan Pusat Statistik untuk melakukan pengukuran produktivitas parsial yang memantau indikator tenaga kerja. Berdasarkan temuan dari hasil pengukuran indikator itu akan dihasilkan gambaran tentang kondisi dan mutu sumber daya manusia serta kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi.

Daya saing Indonesia di ranah global memang terus meningkat. Tapi bila dibandingkan dengan beberapa negara tetangga masih tertinggal. Catatan statistik perkembangan produktivitas kerja menunjukkan bahwa Indonesia masih kalau dari Laos, Kamboja, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Solusi Peningkatan Produktivitas Kerja

Diperlukan solusi untuk meningkatkan produktivitas kerja dari masing-masing sektor yang relevan. Tentu saja akan butuh perhatian khusus dari tiap perusahaan atau pengelola tenaga kerja dari bidang bisnis yang sedang dikerjakan.

Bagaimanakah produktivitas kerja itu tercapai? Harusnya ada penyeimbangan dari semua faktor input supaya selaras dengan output yang dikerjakan. Pembinaan tenaga kerja adalah salah satu kunci untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tidak jarang harus ada program edukasi yang melatih dan memaksimalkan bagaimana seharusnya tenaga kerja beroperasi di masing-masing bidang bisnis.

Produktivitas jam kerja dapat dijadikan acuan untuk memantau bagaimana hasilnya selama ini. Dibandingkan tahun 2016, telah terjadi peningkatan produktivitas jam kerja di Indonesia. Hal ini tentu saja kabar baik bagi catatan statistik bisnis tapi belum bisa dijadikan pegangan sepenuhnya karena ada banyak faktor kompleks mewarnai.

Leave Comments