Macam-macam genset

Macam-macam genset

Genset tentu merupakan barang yang tidak jarang didengar. Biasanya digunakan dalam keadaan darurat seperti mati listrik mendadak, genset menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk memastikan sumber listrik rumah atau tempat usaha selalu tersedia. Dengan mengecek ke distributor genset dan melakukan sedikit riset di internet, bisa kita temukan beberapa tipe genset.

Genset diesel. Genset ini merupakan tipe genset yang paling umum dan paling familiar didengar. Sering juga disebut dengan “genset solar” di Indonesia. “Solar” di sini bukan merujuk pada bahasa Inggris dari matahari, melainkan dari merek bahan bakar yang dijual oleh SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Indonesia. Biasanya, genset diesel memiliki kapasitas daya yang lebih besar dibandingkan genset tipe lain yang menggunakan bahan bakar bensin. Karena penggunaan mesin diesel, genset ini cenderung mengeluarkan suara yang lebih keras dan dapat mengganggu. Oleh karenanya, biasanya genset diesel akan dilengkapi dengan kotak peredam suara. Genset diesel yang sudah dilengkapi kotak peredam suara tersebut dikenal sebagai genset silent.

Genset bensin. Berbeda dengan genset diesel, genset bensin menggunakan, sesuai namanya, bensin. Bensin yang dimaksud di sini adalah bahan bakar yang sering digunakan pada kendaraan-kendaraan bermotor populer. Bensin merupakan campuran minyak berjenis parafin (senyawa hidrokarbon tipe alkana), olefin (alkena), dan naftena. Bahan bakar ini biasanya diukur kualitasnya berdasarkan bilangan oktan. Semakin tinggi bilangan oktannya, semakin bagus pula kualitas bensin tersebut. Biasanya, genset berbahan bakar bensin memiliki kapasitas dan bentuk yang lebih kecil. Sering disebut sebagai genset portable. Dengan kapasitas yang lebih kecil, harga genset ini kita temui di berbagai distributor genset jauh lebih terjangkau. Biasanya distributor genset menerapkan harga di bawah Rp 10 juta rupiah untuk genset portable seperti ini.

Kedua tipe genset yang populer ini baik dikenali terlebih dahulu dan disesuaikan dengan kebutuhan sebelum kita mencarinya ke distributor genset. Untuk kebutuhan di rumah, genset bensin mungkin mampu menunjang meski dengan keterbatasan penggunaan listrik. Untuk tempat usaha yang memerlukan listrik dengan daya yang lebih besar, genset diesel merupakan pilihan yang tepat.

Leave Comments