Pertimbangan penggunaan commercial catering equipment

Pertimbangan penggunaan commercial catering equipment

Bisnis restoran, kafe, atau catering membutuhkan perlengkapan alat masak profesional yang sering disebut sebagai commercial cooking equipment. Karena beragamnya industri kuliner, maka istilah-istilah lain untuk peralatan dapur profesional tersebut pun muncul, seperti commercial restaurant equipment, commercial catering equipment, atau commercial kitchen equipment. Industri yang sering disebut sebagai horeca (hotel, restaurant, catering) ini memang mengharuskan peralatan masak profesional dikarenakan produksi makanan dalam kuantitas yang besar dan waktu penggunaan yang lama dan terus menerus.

 

Karena esensialnya commercial catering equipment ini, ada beberapa pertimbangan yang boleh dipikir masak-masak sebelum melakukan pembelian. Pemilihan alat yang tepat membuat alat masak yang mahal ini menjadi sebuah investasi yang tepat guna dan rendah risiko.

 

Aktivitas memasak apa saja yang akan dilakukan di dapur?

Peralatan masak profesional memiliki berbagai varian, mulai dari alat-alat masak yang beragam jenis dan bentuk, hingga gabungan alat-alat masak tersebut menjadi satu paket alat masak yang tidak terpisahkan. Contohnya range yang menggabungkan kompor dengan oven. Penggabungan ini memberikan ruang bagi dapur yang lebih lega dan penyaluran gas masak yang tidak ruwet. Tentu pemilihan tipe paket atau satuan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dapur. Aktivitas masak apa saja yang pasti dilakukan setiap harinya.

 

Bagaimana bentuk alat masak dan lokasi penempatannya di dapur?

Ventilasi yang baik di dapur memastikan keamanan dan kualitas udara yang baik bagi kru masak. Sirkulasi udara yang buruk menjadikan dapur tidak sedap dipandang, aroma yang bertabrakan, hingga mengganggu pandangan juru masak. Maka, harus dilihat apakah suatu alat masak memerlukan aliran ventilasi dapur. Bagaimana alat tersebut harus diletakkan, sesuai dengan bentuknya dan alur ventilasi yang sudah ada di dapur. Rancangan-rancangan seperti ini, kadang kala memerlukan bantuan profesional yang sudah berpengalaman.

 

Pasokan energi yang dibutuhkan.

Setidaknya ada dua macam sumber energi yang dibutuhkan. Gas masak dan listrik. Perhatikan apakah sumber energi tersebut dimiliki dapur dan dapat diandalkan logistiknya? Berapa banyak biaya bahan bakar gas yang bisa ditanggung dan berapa besar daya listrik yang mampu disediakan bangunan? Peralatan commercial catering equipment mau tidak mau harus mengikuti spesifikasi bangunan yang tersedia.

Leave Comments