Tips memilih Genset Silent

Tips memilih Genset Silent

Salah satu kekurangan dari genset konvensional adalah polusi suara yang ditimbulkan pada saat penggunaannya. Penggunaan genset tentu akan sangat mengganggu terutama pada situasi kerja perkantoran atau perusahaan yang membutuhkan ketenangan pekerjaan. Kehadiran Genset Silent dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Genset silent mirip seperti genset biasa, namun tertutup oleh kotak peredam yang fungsi utamanya adalah sebagai peredam suara. Sementara bahan bakar dan sistem instalasinya tidak jauh berbeda. Genset silent juga tersedia di berbagai distributor jual genset. Berikut tips untuk memilih genset silent yang tepat :

  1. Bahan penutup

Banyak genset silent ditawarkan dengan harga yang sangat miring, sehingga anda perlu berhati-hati dalam memilih genset tersebut. Harga miring yang ditawarkan distributor genset sering kali tidak menjamin kualitas dari genset yang anda beli. Bahan penutup genset silent adalah bagian terpenting genset ini. Genset silent yang baik tentu akan mempergunakan material box yang kuat seperti alumunium yang bagian dalamnya dilapisi busa untuk meredam suara. Konstruksi dan kerapatan material akan sangat berpengaruh bagi fungsi genset silent. Selain itu, material dan pemasangan yang baik tentu akan membuat genset anda aman dari air hujan maupun sengatan matahari. Material genset silent yang baik adalah material yang tidak mudah keropos dan rusak akibat perubahan cuaca.

  1. Meredam suara dengan baik

Fungsi utama dari genset silent adalah meminimalisir kebisingan suara dari genset. Semakin besar daya dan tenaga genset, maka semakin bising pula polusi suara yang dihasilkan oleh mesin. Genset silent yang baik haruslah bisa meredam suara dengan baik. Genset silent yang bagus dapat menurunkan suara hingga 70 desibel pada jarak 7 meter, bahkan ada pula yang menurunkan hingga angka 60 decibel.

Genset silent yang dapat meredam suara dengan baik juga menggunakan material penutup yang tebal, yang tidak akan ikut bergetar terkena getaran suara dari genset. Sementara bahan peredam untuk melapis box terbuat dari busa ataupun rockwool.

  1. Sirkulasi udara

Penggunakan penutup genset tentu akan membuat bagian dalam genset silent menjadi panas akibat penyebaran panas mesin. Oleh karena itu, genset silent yang baik haruslah memiliki lubang sirkulasi udara keluar-masuk box yang cukup. Selain itu anda juga perlu memperhatikan banyak sedikitnya baling-baling radiator yang berfungsi mendinginkan mesin. Kondisi mesin yang terlalu panas akan membuat kinerja genset menurun dan bisa jadi merusak komponen mesinnya.

  1. Akses perawatan

Genset silent juga membutuhkan perawatan, meskipun tidak sesering genset konvensional. Genset silent yang baik memberikan akses yang memudahkan seseorang masuk ke ruang mesin untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Sistem pemasangan box genset silent yang bagus menggunakan sistem knock down yang bisa dibongkar pasang untuk menjangkau bagian-bagian tertentu. Selain itu, anda juga bisa meminta kepastian garansi dan perawatan dari distributor genset untuk memastikan bahwa genset yang akan anda pasang mendapat perawatan terbaik.

Leave Comments